AL - QUR'AN

MEMBUAT HOTSPOT DI MIKROTIK

Assalamualaikum Wr.Wb

Pada Kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial mengenai cara membuat Hotspot di Mikrotik dengan Topology berikut ini..

 Konfigurasikan Router-2 sebagai Hotspot supaya client-1 apabila ingin mendapatkan koneksi ke  internet maka harus login hotspot terlebih dahulu. Baiklah langsung kita mulai saja, Berikut step-stepnya......

·      Pertama kita masuk ke menu IP > Hotspot, kemudian masuk lagi ke menu Servers dan klik pilihan Hotspot setup.

·      Kemudian di Hotspot Interface pilih ether5 (interface yang mengarah ke Client-1).

·   Selanjutnya di Set Hotspot address for interface kita buat yaitu 192.168.100.1/24 dan kita centang juga Masquerade Network, kemudian klik Next.

·    Pada Set Pool for Hotspot Addresses kita buat rangenya yaitu 192.168.100.2-192.168.100.254, disini kita bisa buat sesuai kebutuhan kita, misalkan kita butuh hanya 10 IP address maka kita bisa buat rentang-nya yaitu 192.168.100.2-192.168.100.11, sesuai kebutuhan kita saja, jika sudah dibuat klik Next.

·    Selanjutnya di Select hotspot SSL certificate kita pilih none saja, kemudian klik Next.

·      Selanjutnya di Select SMTP Server kita klik next saja.

·      Selanjutnya di Setup DNS configuration kita buat IP-nya yaitu 192.168.100.1, nanti IP ini yang akan kita gunakan sebagai DNS dari hotspot kita, kemudian klik next.

·     Selanjutnya di DNS Name of local hotspot server kita buat domain-nya yaitu tkj.net (sesuai kebutuhan), nanti domain ini yang akan digunakan oleh client untuk login hotspot di router ini, jika sudah klik next.

·    Selanjutnya di Create Local Hotspot User kita diminta untuk membuat user yang nanti akan  digunakan oleh client untuk login di hotspot ini. Disini kita buat user-nya admin dan passwordnya tidak usah diisi atau kosongkan saja, kemudian klik next.

Pembuatan hotspot selesai, selanjutnya akan muncul Setup has completed succesfully, disini klik ok, selanjutnya kita coba hotspot-nya di komputer client-1.Selanjutnya uji coba di client.

·   Pertama kita buat mode konfigurasi IP-nya di komputer client1 yaitu dhcp atau Obtain saja.


·     Selanjutnya kita coba login di browser , bisa menggunakan mozilla firefox atau google chroom dengan mengetikan alamat url-nya yaitu tkj.net, kemudian klik enter.Sesudah itu masukkan username login-nya admin dan passwordnya kosongkan saja, kemudian klik ok.
·         Jika berhasil akan masuk ke halaman status, dan anda bisa mengakses internet yang disediakan, tampilan-nya seperti gambar berikut.
·      Kemudian kita cek user yang aktif di menu IP > Hotspot kemudian masuk ke menu Active.
Maka akan terdaftar client yang berhasil login di hotspot ini.Sekian Tutorial Membuat hotspot kali ini, terima kasih
Wassalamualaikum Wr.Wb
Previous
Next Post »
Thanks for your comment