AL - QUR'AN

Routing OSPF Mikrotik (Totally-Stub Area)

Assalamu'alaikum Wr.Wb.


     Pada tutorial sebelumnya telah saya paparkan mengenai routing ospf jenis Stub Area, maka pada tutorial kali ini saya akan membuat tutorial routing ospf jenis Totally Stub Area.Perbedaan antara routing jenis stub area dengan totally stub area adalah jika stub area type lsa yang diterima adalah type 1, 2, dan 3 sedangkan totally stub area lebih spesifik lagi yaitu hanya lsa type 1 dan 2 saja.
Lsa type 1 yaitu Router dan Lsa type 2 yaitu Network.Tapi nanti kita jangan terkecoh dengan summary-network 0.0.0.0 yang ada pada tabel Lsa, itu bukan lsa type 3 tapi default route yang berfungsi sebagai jalur untuk mengakses jaringan luar. Baiklah langsung kita coba lab kan, berikut topologi nya :

Pertama kita langsung buat dan konfigurasi interface loopback, ip address dan konfigurasi routing ospf nya.

- Router1

Pada Router1 kita tidak perlu membuat area lagi karena kita akan menggunakan area default yaitu backbone.

-Router2

- Router3

- Router4

Pada Router2, Router3 dan Router4 di area1 kita pilih inject-summary-lsas=no, inilah yang membedakan konfigurasi stub area dengan totally stub area. Jika pada stub area kita pilih inject-summary-lsas=yes.

kemudian selanjutnya kita test ping dulu dari masing-masing router.





Semua router sudah saling terhubung satu sama lain, selanjutnya kita cek LSa nya di Router3 dan Router4 untuk membuktikan jenis Lsa yang diterima.

- Router3

- Router4

 Dan Ternyata benar, Lsa yang diterima adalah Lsa type 1 dan type 2  dan default route saja.

Untuk sekedar informasi saja, ini tampilan routing table dari masing-masing router.

- Router1

- Router2

- Router3

- Router4

Terlihat pada routing table di Router3 dan Router4 akan terbentuk secara otomatis default route nya, sebagai jalur jaringan yang ada di router tersebut supaya bisa mengakses jaringan luar.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb


































































Previous
Next Post »
Thanks for your comment